Samsung bentuk divisi baru untuk bisnis smart car


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka akan membentuk divisi otomotif elektronik, langkah baru yang diharapkan akan bisa memperluas diversifikasi portofolio bisnis mereka. Otomotif elektronik termasuk setiap bagian dan komponen yang masuk ke dalam mobil seperti perangkat infotainment, center information display (CID), head-up display (HUD), dan komponen semikonduktor untuk otomotif lainnya.

Pada tahap awal, menurut Samsung, divisi ini akan fokus pada software untuk solusi infotainment dan sistem kemudi otonom, serta memperkuat kerjasama antar afiliasi. "Kami akan fokus pada infotainment dan kemudi otonom pada tahap awal, dengan tujuan mengamankan kapasitas terkait dalam rentang waktu yang singkat dalam otomotif elektronik," kata Samsung dalam sebuah pernyataan, "dan memperkuat kemitraan dengan afiliasi lainnya."

Otomotif elektronik adalah bisnis baru yang telah lama diincar oleh vice chairman Samsung Lee Jay-yong (Jay Y. Lee). Jay Y. Lee telah membangun hubungan dengan para CEO dari produsen mobil multinasional. Divisi ini memiliki potensi untuk menjadi kuat di lapangan karena juga memiliki pemain besar lainnya di bagian baterai dan komponen elektronik lainnya, melalui Samsung SDI, Samsung Electro-Machnics dan Samsung Display. 

Ambisi yang besar dalam bisnis mobil didasari juga oleh perombakan di struktur manajemen Samsung SDI pada hari yang sama. Produsen baterai dan material ini mendirikan pusat riset baru yang ditujukan untuk baterai mobil listrik dan wakil presiden Kim You-mee ditunjuk sebagai pemimpin yang baru.

Wakil presiden eksekutif (EVP) Park Jong-hwan akan memimpin divisi Otomotif Electronik ini setelah perombakan manajemen dari posisi lamanya sebagai wakil presiden di divisi home electronics C&M business. Eksekutif berusia 54 tahun ini adalah non-insinyur - tidak seperti banyak eksekutif lainnya di Samsung - yang meraih gelar sarjana dan master dalam bidang administrasi bisnis dari Yonsei University di Seoul.

Pemimpin divisi baru ini akan bertanggung jawab secara langsung kepada vice chairman Kwon Oh-hyun, yang juga bertanggung jawab dan menjadi CEO untuk divisi Samsung Device Solutions (DS).

Samsung Electronics telah meningkatkan kehadirannya di pasar chip semikonduktor otomotif, setelah produsen mobil global mulai bergegas untuk memproduksi kendaraan berteknologi tinggi seperti mobil listrik yang dilengkapi dengan sistem infotainment dan jaringan nirkabel.

Samsung percaya permintaan chip dari produsen mobil akan tumbuh cepat karena beberapa model kendaraan yang dibuat akhir-akhir ini telah dilengkapi dengan sistem infotainment canggih, sistem kontrol powertrain, jaringan di dalam kendaraan, tingkat keamanan yang tinggi dan efisiensi bahan bakar yang tinggi.



Comments