Selasa, 09 Februari 2016

Samsung porting Tizen ke Raspberry Pi


Raspberry Pi merupakan unit komputer dengan ukuran sangat kecil dan murah (hanya seukuran kartu kredit atau lebih kecil, dengan versi termurah $5) yang mempunyai angka penjualan tinggi. Samsung menggunakan popularitas Raspberry Pi untuk mendongkrak Tizen dengan merilis porting Tizen ke board komputer mini tersebut.

Raspberry Pi sudah digunakan untuk membuat drones, wearables, dan perangkat lainnya, sekarang para antusias teknologi dapat membuat versi custom dari Tizen 3.0 untuk pengembangan board. Samsung berharap para antusias dapat membuat perangkat IoT yang berbasis Tizen di Raspberry Pi.

Sebelumnya Raspberry Pi 2 mendukung platform Linux (terutama Ubuntu) dan Microsoft Windows 10. Tetapi sekarang sudah bisa dibuat versi Tizen yang sudah stabil melalui peralatan yang disediakan oleh  Yocto dan OpenEmbedded. Alat pengembangan ini sudah didiskusikan pada konferensi FOSDEM (Free and Open Source Developers' European Meeting).

Juga telah ada laporan bahwa pengembang mandiri yang berusaha melakukan porting Tizen ke arsitektur MIPS. Samsung mencoba untuk menaikkan adopsi pasar Tizen di segmen mobile dan wearable.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar