Review Aplikasi Facebook versi Tizen, dan perbandingannya dengan OS lain

Siapa yang tak kenal dengan Facebook? Situs jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004 ini telah sukses menjaring lebih dari satu miliar pengguna aktif, dan lebih dari 150 juta pengguna Facebook mengaksesnya melalui telepon genggam. Maka wajar saja jika Facebook meluncurkan aplikasi resminya untuk beberapa sistim operasi yang ada saat ini, salah satunya ada pada OS Tizen.

Kali ini saya berkesempatan untuk mereview aplikasi Facebook yang sudah terinstal secara default pada Samsung Z2 yang saya miliki dan sedikit membandingkannya dengan Facebook pada sistim operasi lain.

Pada saat pertama kali akan masuk ke aplikasi Facebook Tizen kita diarahkan untuk mengunduh Facebook Services terlebih dahulu, agar semua aplikasi yang dibuat oleh Facebook Inc. (seperti Whatsapp, Messenger, dan Instagram) dapat berjalan sebagai mana mestinya.


Tampilan Awal


Tizen 2.4.0.5

Android 6.0.1


iOS 9.3.5

Windows 10 Mobile

Dapat kita lihat bersama untuk tampilan awal Facebook pada ke empat sistim operasi tersebut masih sama, dengan dasar biru yang sudah menjadi ciri khas Facebook itu sendiri. Namun pada aplikasi Facebook Android sedikit lebih ramai menurut saya.


Tampilan Beranda

Tizen 2.4.0.5

Android 6.0.1

iOS 9.3.5

Windows 10 Mobile

Setelah berhasil Log In dan masuk di beranda kita akan dihadapkan pada beberapa index ataupun tab yang terdiri dari Search, Status, Photo, Check In, News Feed, Request, Messages, Notifications, dan More (pada Facebook Android dan iOS jika kita sudah mengunduh Messenger dan mengaktifkannya maka akan ada tab teman yang sedang aktif menggunakan fitur tersebut). Penempatan index atau tab pada tiap sistim operasi memiliki perbedaannya masing - masing.

Search menampilkan hasil pencarian yang telah kita ketik sebelumnya. Hasil pencarian tersebut meliputi Terpopuler, Orang, Halaman, Group, dan Acara.

Pada fitur search untuk Windows 10 Mobile saya rasa lebih powerful sedikit dimana pada saat kita masuk di suatu group dan ingin mencari sebuah kiriman, kita bisa langsung mengetikan kalimat yang kita cari di kolom search dan hasilnya beberapa kalimat yang kita ketik dapat muncul. Hal ini yang tidak saya temukan untuk Facebook Tizen, Android, dan iOS.



Pada kolom "apa yang anda pikirkan" kita bisa mengisinya dengan Status, Photo, Check In, dan Penanda Teman. Setelah selesai, kita dapat membagikannya kepada publik, teman, khusus, atau hanya saya. Disini terlihat pula perbedaan yang cukup signifikan, dimana fitur Siaran Langsung sudah ada di Android dan iOS, sementara untuk fitur Perasaan/Aktivitas terdapat pada Android, iOS dan Windows 10 Mobile. Untuk Tizen sendiri sepertinya harus menunggu update dari Facebook untuk menampilkan 2 fitur tersebut.

Tizen 2.4.0.5

Android 6.0.1

iOS 9.3.5

Windows 10 Mobile

News Feed secara default news feed pada Facebook menampilkan kabar terpopuler baik itu dari teman, halaman, kiriman group, maupun iklan yang kita ikuti.

Request menampilkan permintaan teman yang masuk, dan saran orang yang mungkin kita kenal.

Messages jika kita memilih tab messages maka akan langsung diarahkan ke aplikasi Messenger dari Facebook yang dapat kita instal di Store masing - masing sistim operasi.

Notifications menampilkan notifikasi apa saja yang masuk pada akun Facebook kita, baik itu komentar kiriman, like, poke, permintaan game, dsb.

More cukup banyak perbedaan menu atau pilihan pada tab more dari setiap sistim operasi. Saya akan bahas secara garis besarnya saja. Berikut sedikit ulasannya :

More pada Tizen




Dapat kita lihat diatas menu more pada Facebook Tizen menampilkan menu Profile, Favorites, Apps, Groups dan Help (serta sub menu lainnya). Ada beberapa kekurangan menurut saya pada menu more di Facebook Tizen, yaitu :
  1. Kita tidak bisa memilih untuk melihat kabar terbaru di beranda. *jika agan menemukannya tolong berikan komentar*.
  2. Untuk sub menu group hanya menampilkan group yang kita kelola saja, sementara untuk group lainnya yang dimana kita hanya sebatas anggota saja harus diaskes melalui sub menu " Suggested Group "
  3. Halaman yang kita kelola pun tidak muncul disini, sehingga kita tidak dapat mengontrol halaman milik kita sendiri. Hanya bisa diakses jika ada notifikasi yang masuk melalui tab notifications.

More pada Android





 

Pada menu more Facebook Android terlihat lebih lengkap antara lain Profile, Favorites, Pages, Groups, Feeds, Apps, dan Help & Settings (serta sub menu lainnya). Untuk saat ini saya belum menemukan kekurangan pada menu more Facebook Android, sehingga saya tidak perlu menjelaskan satu per satu.

More pada iOS




Pada menu more Facebook iOS menampilkan Profile, Pages yang kita kelola, Apps, Favorites, dan Help (serta sub menu lainnya). Menurut saya ini lebih simple dibanding menu more pada Facebook Android. Contohnya pada menu favorites hanya berisi group yang sering kita kunjungi (namun masih bisa kita tambahkan group yang lainnya).

More pada Windows 10 Mobile


Pada menu more Facebook Windows 10 Mobile jauh lebih simple lagi, kita hanya akan dihadapkan pada Profile, Pages yang kita kelola, Apps, Favorite, dan Help (serta sub menu lainnya). Untuk menu favorite bisa kita tambahkan sendiri group apa saja yang ingin kita sematkan disana.


Notifikasi

Saya mencoba menghubungkan ponsel Tizen, Android, iOS, dan Windows 10 Mobile pada Mifi Smartfren dengan paket smartplan limitless Rp. 60.000 yang sudah memasuki FUP, untuk mengetahui secepat mana notifikasi kiriman wall to wall masuk ke dinding pribadi saya, dan hasilnya adalah notifikasi tercepat didapat oleh iOS (layar menyala dan berbunyi saat notifikasi masuk) disusul dengan Android (hanya bunyi notifikasi) bersamaan dengan Windows 10 Mobile (layar menyala dan berbunyi saat notifikasi masuk ) dan terakhir Tizen (layar menyala dan berbunyi saat notifikasi masuk). *Saat dicoba dengan Wi-Fi router milik Telkom Speedy, malah notofikasi Tizen yang paling cepat masuk*.

Semua aplikasi Facebook baik itu untuk Tizen, iOS maupun Windows 10 Mobile sudah mendukung Unread Count pada icon dan pop up notifikasi pada modus lockscreen di tiap perangkat . Hanya pada ponsel Android (dengan launcher bawaan) saja yang tidak mendukung Unread Count pada iconnya sebagai gantinya muncul notifikasi pada status bar maupun lockscreen.


Notifikasi pada Tizen 2.4.0.5


Notifikasi pada Android 6.0.1


Notifikasi pada iOS 9.3.5


Notifikasi pada Windows 10 Mobile


Open Link di Facebook *saya tidak tahu istilah yang tepatnya seperti apa*

Ada kalanya kita ingin membuka link di Facebook untuk mengetahui berita apa saja yang terjadi di halaman atau orang yang kita ikuti. Saat saya mencoba membuka suatu link di aplikasi Facebook semua link akan terbuka di browser bawaan Facebook Tizen, Android, maupun iOS ( walaupun ada pula pilihan untuk membukanya di browser bawaan ponsel ), namun hal berbeda saya dapatkan ketika membuka link pada Facebook Windows 10 Mobile dimana link yang saya tuju langsung terbuka melalui browser bawaan yaitu Microsfot Edge.


Open link di FB Tizen 2.4.0.5

Open link di FB Android 6.0.1

Open link di FB iOS 9.3.5

Open link di Windows 10 Mobile


Besar Penyimpanan

Besarnya penyimpanan aplikasi Facebook di tiap sistim operasi itu berbeda - beda, menurut saya besarnya data yang disimpan pada memori internal terkait dengan jumlah teman, group, halaman yang disukai, dsb. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat screenshot dibawah ini.

Penyimpanan di Tizen 2.4.0.5

Penyimpanan di Android 6.0.1

Penyimpanan di iOS 9.3.5

Penyimpanan di Windows 10 Mobile

Dapat saya tarik kesimpulan bahwa total penyimpanan aplikasi Facebook pada Android jauh lebih besar dibandingkan dengan penyimpanan pada Facebook pada Tizen, ini disebabkan pula dengan banyaknya fitur yang disediakan oleh Facebook untuk aplikasinya di Android.

Saya sengaja untuk menyimpan semua aplikasi di memori internal untuk tetap menjaga kestabilannya. ( padahal mah belum kebeli microsd sih )

Sementara untuk penggunaan RAM saat aplikasi Facebook berjalan, di Tizen memakan sekitar 54 MB, di Android memakan sekitar 96 MB, dan untuk iOS serta Windows 10 Mobile saya tidak bisa menemukan berapa banyak RAM yang dimakan oleh aplikasi Facebook itu sendiri.

Efek transisi perpindahan menu pada aplikasi Facebook Windows 10 Mobile menurut saya sedikit laging, ini dikarenakan karena persyaratan yang dimiliki oleh ponsel Lumia saya ada yg kurang, dan mungkin juga dikarenakan aplikasi Facebook pada Windows 10 Mobile merupakan aplikasi UWP ( Universal Windows Platform). CMIIW




Kesimpulan

Dilihat dari kesiapan Facebook Inc. untuk selalu menyediakan aplikasinya pada perangkat ber sistim operasi mobile, saya rasa itu adalah suatu hal yang positif. Namun masih sangat banyak PR yang harus dikerjakan oleh team Facebook dan team Samsung agar aplikasi Facebook Tizen bisa setara dengan aplikasi Facebook di platform lain.

Outro ..
Demikianlah review aplikasi Facebook untuk berbagai platform yang saya pegang saat ini. Saya tidak membahas Facebook di OS Blackberry 10 dikarenakan ponsel tersebut hilang beberapa bulan yang lalu (curhat ceritanya), dan saya tidak menggunakan Facebook Lite, mengingat Facebook Lite baru tersedia untuk sistim operasi Android (saya yakin Facebook Lite jauh lebih ringan dalam penyimpanan memori dan penggunaan RAM karena namanya juga Lite :p ).

Dan untuk notifikasi, pada Facebook Android itu berbeda - beda tergantung dari merk ponsel Android yang kita miliki. (CMIIW).

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian review ini. Saya Nadia Mulyana mewakili seluruh crew yang bertugas mengucapkan terimakasih telah berkunjung dan membaca setiap postingan yang kami buat. Jika anda suka, jangan lupa untuk klik tombol berbagi dan like fanspage kami di FacebookTwitter, dan Google+ .

Saya pamit undur diri, sampai bertemu di postingan saya selanjutnya. Viva La Kerehore !


Keterangan

Aplikasi Facebook untuk Tizen dan Facebook Messenger telah beberapa kali mendapatkan pembaruan untuk perbaikan kinerja dan penambahan fitur baru, diantaranya pembaruan ke versi 1.0.43 (Facebook Messenger 99.0.0) pada bulan Mei 2017 kemarin.


Comments

  1. Keren reviewnya & enak kalimatnya jadi betah bacanya. Reviewnya berbobot dan yang saya suka reviewnya tidak menjatuhkan OS lain.

    ReplyDelete
  2. terimakasih gan untuk motivasinya. saya berusaha senetral mungkin dalam menggunakan aplikasi apapun. mengingat saya hanya seorang user biasa.

    ReplyDelete

Post a Comment